Jumat, 27 Maret 2009

Pencerahan Hidup

Mencapai sukses adalah impian semua orang. Sukses lebih muda tercapai jika kita mulai berani ke luar dari zona nyaman. Saat merasa puas dengan yang diraih, maka kita sedang berjalan pada rutinitas. Tapi jika berani menentukan target setahap lebih tinggi dari yang telah dicapai, maka kita akan mendapatkan tantangan untuk bisa meraih target. Target tersebut akan menjadi indikator keberhasilan kinerja.

Saat memasuki tahapan mencapai target, kita akan berjuang memenuhi kualisifikasi yang dibutuhkan. Tahapan itu membuat kita melakukan aktivitas untuk mengembangkan diri. Lewat aktivitas ini, kita dapat mencari dan meraih pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan (life skill), berusaha mengendalikan diri dan mempelajari hal-hal baru sebagai syarat mutlak mempertahankan eksistensi.
Bagaimana cara mempertahankan target?????


ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengefektifkan target yang dibuat.

S M A R T
Spesifik
Measureable
Attractive
Reasonable
Time limited

Berikut ini tips praktis dalam membuat target kehidupan
1. tentukan target yang ingin diraih
2. tetapkan target jangka panjang dan jangka pendek
3. jelaskan pentingnya target berdasarkan kontribusinya
4. uraikan secara detail rencana yang akan digunakan untuk mencapai target itu
5. sesuaikan standar perfoma dan kriteria pengukuran dengan tujuan

Sukses atau gagal dimulai dari pikiran. Jika kita berpikir gagal, maka saat itu kita sudah gagal. Memang nantinya kita akan diuji dengan kegagalan. Tetapi jangan berhenti melangkah menuju sesuatu yang lebih baik. Ingatkanlah diri kita bahwa sukses bukan hanya milik orang brilian, berbakat, penuh keberuntungan, dsb. Sukses adalah milik orang persisten (pantang menyerah)



2 komentar:

Charles Roring mengatakan...

Saya suka blog ini. Bagus. Thanks.

ibenks permana mengatakan...

sangat lembut