Selasa, 27 Oktober 2009

Penaku Menggores Duniamu

"Bawalah dunia mereka ke dunia kita, Antarkan dunia kita ke dunia mereka"
Itu adalah salah satu petikan dari motivasi sebuah pembelajaran, dimana seorang guru harus mampu menciptakan suasana yang menggairahkan bagi siswa, harus bisa membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan untuk siswa.

Agar mampu melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan seorang guru harus memiliki
1. Keahlian
Keahlian yang dimiliki dalam metode mengajar yakni guru harus mampu menguasai dan melaksanakan semua metode pembelajaran yang ada. Dimana metode pembelajaran ini harus bisa membuat siswa antusias, aktif, kreatif
2. Tanggung jawab
Seorang pengajar memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kesuksesan siswa, sukses dalam ilmu dan sukses dalam hidup. Tugas guru tidak hanya mengantarkan siswa sukses dalam menguasai materi pelajaran, mampu mengerjakan soal2 tapi juga mampu mengantarkan siswa untuk merancang masa depannya sehingga bisa sukses dalam menghadapi tantangan hidup.Pengajar tidak hanya bertanggungjawab atas bisa tidaknya siswa menguasai materi pelajaran, tapi juga perilaku, sikap dan cermin hidup.
3. Kejawatan
Jika seorang pengajar mampu bersosialisasi dengan baik dalm segala konteks pergaulan maka ia akan mampu menciptakan hubungan yang baik antara dirinya dengan siswa dan dirinya dengan kehidupan siswa.


Kita bisa mengajarkan beberapa prinsip sukses kepada siswa dalam setiap proses pembelajaran, dimana beberapa prinsip ini diyakini mampu menciptakan suasana kelas yang menggairahkan.
Prinsip sukses
1. Segalanya berbicara
2. Segalanya bertujuan
3. Pengalaman sebelum pemberian nama
4. Akui setiap usaha
5. Layak dipelajari, layak dirayakan

To Be Continue

1 komentar:

NENSA MOON mengatakan...

Wah... keren tulisannya!
Saya yakin pasti kamu seorang guru yang baik bahkan mungkin teladan...
Ditunggu tulisan berikutnya yaa...
Salam hangat dari Palembang