Rabu, 03 November 2010

6 Cara Mengembangkan Disiplin Diri

Disiplin adalah sebuah kata yang sangat mudah diucapkan, namun sulit untuk dilakukan. Memerlukan sebuah komitmen yang tinggi untuk bisa melakukannya.

Ada 6 Cara Mengembangkan Disiplin Diri, yaitu :

Cara #1 Lakukan sedikit demi sedikit namun konsisten;

Proses itu perlu. Kita mungkin sulit merubah sesuatu dalam waktu seketika, namun dengan melakukannya secara bertahap, kita bisa melakukan sesuatu yang tampaknya berat.

Cara #2 Jangan coba untuk menunda;

Buatlah daftar hal-hal yang anda inginkan dengan segera dan jangan coba untuk menunda. Kebiasaan menunda akan melemahkan komitmen anda untuk berdisiplin dan tentunya akan berefek pada hal lain.

Cara #3 Setiap hari itu masuk hitungan;

Setiap hari, latihlah komitmen anda untuk berdisiplin. Lakukan hal-hal kecil. Jika anda melewatkan satu hari untuk tidak berdisiplin, maka bisa jadi anda akan tergoda untuk tidak berdisiplin di hari lain.

Cara #4 Visualisasikan tujuan akhir anda;

Visualisasi akan membantu anda untuk tetap semangat terhadap apa yang ingin anda capai. Tujuan akhir umumnya membuat seseorang tidak mudah menyerah karena tahu apa yang memang ingin dia dapatkan.

Cara #5 Miliki seorang penasehat/pelatih;

Seorang penasehat atau pelatih akan membantu anda tetap berada di jalur yang benar. Dengan memilikinya, selalu ada orang yang memantau perkembangan anda.

Cara #6 Berlatihlah untuk menolak kesenangan secara instan

Meninggalkan kesenangan jangka pendek untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar adalah salah satu unsur kecerdasan emosional. Jika anda ingin berdisiplin, berlatihlah untuk menolak sesuatu yang menyenangkan yang merusak disiplin anda. Anda bisa melatihnya dengan selalu memberikan batasan terhadap kesenangan jangka pendek.

Sekali lagi, disiplin itu tidak mudah tapi mungkin. Sebuah ungkapan yang sangat menarik,

Tidak ada komentar: