Rabu, 17 Maret 2010

Egois

Tanpa kita sadari, ada hal-hal didunia ini yang tak mampu kita pahami. Tapi itu mudah, yang penting kita harus belajar memahami diri kita sendiri, siapa kita, lalu kita belajar memahami orang lain. Dengan mampu memahami orang lain, kita akan ikhlas sehingga orang lain kemungkinan bisa memahami kita.


Lalu jika tidak,apa yang terjadi. Nah itulah tanda-tanda keegoisan. Egois yang terkadang hinggap pada diri manusia, manusia yang tak luput dari khilaf dan dosa.
Pribadi egois adalah pribadi yang melihat segala sesuatu dari kacamatanya. Dia tidak bisa memahami pikiran orang, perasaan orang, jadi selalu menuntut orang untuk mengikuti pendapatnya. Pribadi egois juga adalah pribadi yang mementingkan dirinya sendiri, dia tidak bisa mempertimbangkan kebutuhan orang, dia senantiasa mengedepankan kebutuhannya di atas kebutuhan orang. Itu sebabnya kita simpulkan bahwa pribadi yang egois adalah pribadi yang susah sekali untuk tulus, sebab ujung-ujungnya untuk kepentingannya sendiri.
Ya beginilah,hanya orang yang egois yang sulit menerima sifat egois orang lain, sebab pasti akan benturan. Jika anda tidak egois, maka anda bisa menerima kehadiran orang egois.
Selama hidup yang ingin saya tundukkan adalah sifat egois itu, sebab itu senantiasa muncul, tapi harus bisa ditekan dan dikontrol.
Tapi bener lho, jumlah orang egois lebih banyak dari yang tidak. Buktinya dunia ini tidak pernah damai, kisruh terus, ada aja yang diributin, tidak mau saling mengalah.
Percaya tidak, orang egois itu gampang dibohongin dan ditipu. Tanya saja pada para penipu, dia pasti akan memilih korban orang orang yang memiliki egoisme tinggi.
Saya pelajari dari beberapa kasus penipuan, pada awalnya korban terbujuk karena keegoisannya, ingin keuntungan besar, ingin kepentingannya sendiri yang di dahulukan, penuh pamrih untuk dirinya sendiri....
Orang egois itu orang yang patut dikasihani, dimengerti, dicintai, bukan dibenci....

1 komentar:

Aries mengatakan...

gajah didepan mata tak terlihat
bakteri diseberang lautan dikomentari.....

=tanda ciri egois